Home / Blogpost

Wednesday, 26 August 2020 - 06:11 WIB

Tips Menjalankan Usaha Online Agar Berkembang

Bisnis online bisa jadi merupakan pekerjaan penghasil uang yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain karena jangkauannya yang bisa sangat jauh, juga karena sistem kerjanya yang tidak terbatas oleh waktu. Bagaimana, tertarik untuk menjalankan usaha online?

Pada dasarnya memulai sebuah bisnis online memang tidaklah semudah yang dibayangkan. Ada banyak hambatan yang harus ditempuh agar bisnis atau usaha tersebut berhasil. Nah Anda bisa menyimak tips-tips berikut jika ingin menjalankan usaha online agar jauh lebih berkembang.

Mulai dengan Mindset yang Benar

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis online yaitu memiliki mindset bisnis yang benar. Mindset harus ditempatkan pada posisi pertama dan merupakan bagian paling penting dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis secara online.

Jika mindset Anda benar, maka langkah yang nantinya Anda ambil sudah bisa dipastikan kebenarannya. Meskipun nantinya Anda gagal dalam berbisnis, Anda akan tetap mampu bangkit dari keterpurukan. Inilah sebabnya mindset sangat penting sebagai pondasi dalam berbisnis.

Tentukan Target Market

Setelah memiliki mindset yang benar, tahap selanjutnya yaitu memulai usaha dengan cara menentukan siapa target market produk Anda. banyak orang yang terburu-buru dalam berjualan, tanpa menentukan target market terlebih dahulu.

Baca Juga  Mencari TV Dengan Harga Terjangkau

Padahal pada dasarnya menentukan pada siapa produk tersebut dijual jauh lebih penting dibandingkan mau jualan apa. Nah untuk mempermudah Anda dalam menentukan target market, Anda bisa membuat Buyer Persona secara rinci.

Model Bisnis

Hal terpenting yang ketiga yaitu tentukan model bisnis yang ingin Anda kembangkan. Model bisnis ini ada banyak macamnya, seperti freelancing, konsultasi, digital agency, donasi, jualan online, sponsored articles, dan lain sebagainya.

Dari banyaknya model bisnis tersebut, Anda bisa memilih salah satu diantaranya untuk dijadikan usaha. Tentunya Anda pilih yang sudah sesuai dengan kemampuan atau skill yang dimiliki.

Menyiapkan Produk

Setelah mengetahui model bisnis, langkah selanjutnya yaitu menyiapkan produk atau layanan. Sebagai contohnya jika Anda memilih untuk berjualan secara online, maka Anda perlu menyiapkan beberapa produk.

Nah produk tersebut bisa Anda beli dari orang lain, buatan sendiri, atau bisa menggunakan sistem dropship. Produk yang dijual pun beraneka ragam seperti produk fisik, digital, maupun jasa.

Baca Juga  Bayar BPJS Online : Melalui Internet Banking BRI

Membuat Website atau Katalog

Setelah menentukan produk yang dijual, selanjutnya Anda bisa membuat website, lending page, atau katalog. Fungsinya yaitu sebagai media untuk mengomunikasikan kepada pelanggan terkait apa saja yang Anda tawarkan.

Untuk bisnis konvensional biasanya memiliki landing page atau katalog berisi barang-barang yang dijual. Dengan website, landing page, atau katalog ini orang jadi tahu apa yang Anda jual.

Bisnis online memanglah tidak semudah yang kita bayangkan. Ada banyak tantangan yang harus dilewati pada setiap prosesnya. Namun meski banyak tantangan, usahakan untuk tidak memiliki hutang ketika berbisnis secara online. Nah untuk terhindar dari hutang, ada baiknya Anda menginstal aplikasi pembukuan dari BukuKas yang dapat membantu mengatur pengeluaran bisnis Anda. Selain itu Anda juga bisa memantau perkembangan arus transaksi penjualan. Dengan pemantauan 100%, maka bisnis Anda akan terhindar dari segala macam kerugian. Segera unduh BukuKas di Playstore atau Appstore Anda!

 

Share :

Baca Juga

Blogpost

Inilah 2 Makanan Bayi 6 Bulan Sederhana Dan Bernutrisi

Blogpost

Ingin Usaha Tapi Bingung Cari Modal, Cek Cara Berikut

Blogpost

5 Video Tutorial Cara Menggambar Anime dengan Pensil

Blogpost

Serba serbi drone yang perlu kamu tahu

Blogpost

Harga Mouse Terbaik Dari Yang Termurah Hingga Termahal

Blogpost

Mau Long Weekend Di Bogor? Yuk Booking Hotel Murah Berikut Ini!

Blogpost

Daftar Produk Face Wash Pria Terbaik

Blogpost

Inspiratif, Kisah Travelers yang Berhasil Keliling Dunia dengan Jalan Kaki hingga Motor