Home / Berita

Tuesday, 9 January 2018 - 17:09 WIB

Rancangan Baru Gaji PNS, berikut bocorannya

Pemerintah berencana mengubah struktur gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS). Alasannya, struktur gaji PNS yang berlaku sekarang tidak seimbang karena gaji pokok lebih kecil dibanding tunjangan.

“Karena memang sistem penggajian sekarang ini tidak sesuai lagi. Gajinya kecil, tunjangan besar. Sehingga nanti di balik gajinya besar, tunjangannya kecil,” kata Asisten Deputi Kesejahteraan SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Salman Sijabat kepada Liputan6.com.

 

Salman menambahkan, perubahan skema gaji PNS merupakan amanat Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Pasti jadi, tinggal menunggu waktu saja. Karena ini kan amanat UU, bisa segera, besok, lusa, tergantung kondisi politik dan keuangan negara kita,” kata Salman.

Baca Juga  Puluhan Guru Honorer Ngadu ke Dewan, Ternyata Terkait Masalah Ini

Hanya saja, dia bilang, pelaksanaan dari struktur gaji PNS yang baru tidak dalam waktu dekat alias tahun ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menerangkan, komposisi gaji PNS terdiri dari gaji pokok dan tunjangan kinerja, serta kemahalan daerah. Saat ini, komposisi tunjangan lebih besar dari gaji pokok. Sementara ke depan, pemerintah akan mengubah komposisi tersebut karena gaji pokok terkait dengan jaminan sosial.

Untuk membahas perubahan komposisi tersebut, Sri Mulyani melakukan pertemuan dengan Menteri PAN-RB Asman Abnur secara intensif.

“Kalau dalam UU Aparatur Sipil Negara (ASN) kan disebutkan bahwa penerimaan PNS dari gaji, tunjangan, dan lain-lain. Menteri PAN-RB bersama dengan Menteri Keuangan sekarang sedang memikirkan format, struktur penggajian ini agar sesuai kebutuhan organisasi saat ini,” kata dia.

Baca Juga  Luncurkan e-Kinerja, ASN / PNS Setiap Hari Wajib Lapor

Sumber: liputan6

Share :

Baca Juga

Berita

Syarat memperoleh Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)

Berita

Inilah kabupaten di Kalimantan yang akan terima CPNS 2018

Berita

Inilah Perbandingan Persentase Dana Pendidikan di 34 Provinsi

Berita

Gaji ke-13 PNS dan Pensiunan akan Segera Cair

Berita

Mendikbud: Sekolah akan memiliki 2 versi Rapor

Berita

Inilah POS dan Kisi-Kisi US dan UN Tahun Pelajaran 2014-2015

Berita

PGRI : Kebijakan Menteri Anies Soal UKG Ulang Dianggap Diskriminatif

Berita

Inilah beragam Tunjangan Guru Non PNS