Home / Berita

Tuesday, 9 January 2018 - 17:09 WIB

Rancangan Baru Gaji PNS, berikut bocorannya

Pemerintah berencana mengubah struktur gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS). Alasannya, struktur gaji PNS yang berlaku sekarang tidak seimbang karena gaji pokok lebih kecil dibanding tunjangan.

“Karena memang sistem penggajian sekarang ini tidak sesuai lagi. Gajinya kecil, tunjangan besar. Sehingga nanti di balik gajinya besar, tunjangannya kecil,” kata Asisten Deputi Kesejahteraan SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Salman Sijabat kepada Liputan6.com.

 

Salman menambahkan, perubahan skema gaji PNS merupakan amanat Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Pasti jadi, tinggal menunggu waktu saja. Karena ini kan amanat UU, bisa segera, besok, lusa, tergantung kondisi politik dan keuangan negara kita,” kata Salman.

Baca Juga  Presiden Jokowi Salami Gurunya di Peringatan Hari Guru di Istora Senayan

Hanya saja, dia bilang, pelaksanaan dari struktur gaji PNS yang baru tidak dalam waktu dekat alias tahun ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menerangkan, komposisi gaji PNS terdiri dari gaji pokok dan tunjangan kinerja, serta kemahalan daerah. Saat ini, komposisi tunjangan lebih besar dari gaji pokok. Sementara ke depan, pemerintah akan mengubah komposisi tersebut karena gaji pokok terkait dengan jaminan sosial.

Untuk membahas perubahan komposisi tersebut, Sri Mulyani melakukan pertemuan dengan Menteri PAN-RB Asman Abnur secara intensif.

“Kalau dalam UU Aparatur Sipil Negara (ASN) kan disebutkan bahwa penerimaan PNS dari gaji, tunjangan, dan lain-lain. Menteri PAN-RB bersama dengan Menteri Keuangan sekarang sedang memikirkan format, struktur penggajian ini agar sesuai kebutuhan organisasi saat ini,” kata dia.

Baca Juga  Sarjana Majukan pendidikan Lewat SM3T, ayo !! segera daftar

Sumber: liputan6

Share :

Baca Juga

Berita

Inilah Penjelasan Mendikbud tentang dugaan kebocoran Soal UN di google drive

Berita

PGRI: Penyaluran Tunjangan Profesi Guru 2015 Lebih Buruk dari Tahun sebelumnya

Berita

Unduh SK Ujian Nasional Online Tahun 2015

Berita

BKN Jadikan DKI sebagai Percontohan e-PUPNS

Berita

Daftar Pemenang O2SN 2015 Jenjang PK-LK Dikdas

Berita

Kemendikbud Didesak Bikin Buku Panduan MOS

Berita

Dinilai Merugikan Tenaga Pengajar, PP Guru Harus Direvisi

Berita

Kemdikbud Somasi Penyebar Isu Penerapan Kurikulum 2006