Home / Berita

Wednesday, 16 December 2015 - 23:02 WIB

Penting !! Wajib Belajar 12 Tahun Bakal Diberlakukan Lagi

Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sedang menyiapkan ‎road map  wajib belajar 12 tahun. Mendikbud Anies Baswedan mengatakan, beberapa  hal yang disiapkan antara lain perangkat hukum dan sisi penyediaan sarana dan prasarana berupa guru, unit sekolah baru (USB) dan ruang kelas baru (RKB).

“(Dulu) wajib belajar enam tahun itu ditetapkan pada 1984 setelah  pemerintah menyiapkan‎ supply side-nya. Sekolah-sekolah SD itu dibangunnya tahun 70-an, lalu tahun 1984 baru (diberlakukan) wajar enam tahun. Yang harus kita lakukan adalah menyiapkan supply side-nya, yaitu gurunya, sekolahnya, sehingga begitu nanti ketok palu untuk wajib belajar 12 tahun, kita sudah siap,” ujar Anies, Rabu (16/12).

Baca Juga  Anies Ingatkan Pentingnya Pendidikan Kesehatan sejak Usia Dini

Dia menambahkan, mengelola wajar 12 tahun dari sisi penyediaan. Artinya pemerintah harus menambah kemampuan untuk bisa menampung semua lulusan SMP yang akan melanjutkan ke pendidikan menengah, baik SMA atau SMK. Namun ia menegaskan, usaha memperluas sisi penyediaan sarana dan prasarana tersebut tidak boleh mengesampingkan kualitas sarana dan prasarana serta kualitas tenaga didik dan tenaga kependidikan.

“Kami melihatnya bertahap. Membangun sekolah itu cepat. Tapi mengisi anaknya tidak cepat. Anak-anak itu lulus SMP dan SMA juga tahunan. Kami membayangkan pertumbuhan sekolah seimbang dengan pertumbuhan lulusan,” tutur Anies.

(sumber: JPNN)

Share :

Baca Juga

Berita

Tentukan Besaran Tunjangan Profesi, Penilaian Kinerja Guru Diperketat

Berita

Kinerja PNS, Gaji PNS Rajin Beda dengan yang Malas

Berita

Pengumuman dan Pemanggilan Peserta PLPG Guru PAIS dan Madrasah Tahun 2015

Berita

Evaluasi Kurikulum 2013 Rampung, Kapan Penerapannya ?

Berita

Info Pembatalan Bantuan Dana Penulisan PTK Puslitjakdikbud Tahun 2016

Berita

Korupsi Dana BOS, kepsek dituntut 4 tahun

Berita

Peraih Nilai UN Tertinggi Bakal Kantongi Rp 20 Juta

Berita

PGRI ingatkan Jokowi jangan ingkari janji dengan tidak hapus Tunjangan guru