Home / Berita

Wednesday, 16 December 2015 - 23:02 WIB

Penting !! Wajib Belajar 12 Tahun Bakal Diberlakukan Lagi

Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sedang menyiapkan ‎road map  wajib belajar 12 tahun. Mendikbud Anies Baswedan mengatakan, beberapa  hal yang disiapkan antara lain perangkat hukum dan sisi penyediaan sarana dan prasarana berupa guru, unit sekolah baru (USB) dan ruang kelas baru (RKB).

“(Dulu) wajib belajar enam tahun itu ditetapkan pada 1984 setelah  pemerintah menyiapkan‎ supply side-nya. Sekolah-sekolah SD itu dibangunnya tahun 70-an, lalu tahun 1984 baru (diberlakukan) wajar enam tahun. Yang harus kita lakukan adalah menyiapkan supply side-nya, yaitu gurunya, sekolahnya, sehingga begitu nanti ketok palu untuk wajib belajar 12 tahun, kita sudah siap,” ujar Anies, Rabu (16/12).

Baca Juga  2,9 Juta guru siap-siap di tes Kompetensi bulan depan

Dia menambahkan, mengelola wajar 12 tahun dari sisi penyediaan. Artinya pemerintah harus menambah kemampuan untuk bisa menampung semua lulusan SMP yang akan melanjutkan ke pendidikan menengah, baik SMA atau SMK. Namun ia menegaskan, usaha memperluas sisi penyediaan sarana dan prasarana tersebut tidak boleh mengesampingkan kualitas sarana dan prasarana serta kualitas tenaga didik dan tenaga kependidikan.

“Kami melihatnya bertahap. Membangun sekolah itu cepat. Tapi mengisi anaknya tidak cepat. Anak-anak itu lulus SMP dan SMA juga tahunan. Kami membayangkan pertumbuhan sekolah seimbang dengan pertumbuhan lulusan,” tutur Anies.

(sumber: JPNN)

Share :

Baca Juga

Berita

Prakongres II Ikatan Guru Indonesia di Martapura

Berita

Menteri Yuddy: Tahun Ini, Pemerintah Masih Buka Lowongan CPNS

Berita

Inilah Perbandingan Persentase Dana Pendidikan di 34 Provinsi

Berita

Alhamdulillah, Kemdikbud Lakukan Pembehanan Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Guru

Berita

Inilah kabupaten di Kalimantan yang akan terima CPNS 2018

Berita

Kebijakan Perubahan Ujian Nasional Tahun 2015

Berita

Ingat !!! Batas Akhir Pengambilan Data BOS SM Tahap ke 3 adalah 15 April 2015

Berita

Mau Kuliah gratis di Jerman ?