Home / Berita

Monday, 6 June 2016 - 23:24 WIB

Pemerintah Pastikan Gaji ke-14 Dibayar Juni, Gaji ke-13 Juli

Pemerintah memutuskan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) atau gaji ke-14 dan gaji ke-13 tidak dibayar sekaligus. Gaji ke-14 rencananya akan dibayarkan terlebih dahulu, yaitu bulan Juni ini, sementara gaji ke-13 baru akan dibayarkan pada bulan Juli mendatang.

Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmadja membenarkan hal itu. Ia menjelaskan, pembayaran gaji ke-14 dan gaji ke-13 tidak bisa dibayarkan sekaligus  dikarenakan kondisi keuangan negara.

“Saat rapat terakhir, Kementerian Keuangan menyatakan bahwa cashflow tidak mendukung untuk melaksanakan pembayaran gaji ke-13 dan THR  sekaligus,” kata Setiawan, di Jakarta, Kamis (2/6).

Menurut Setiawan, ketentuan mengena gaji ke-13 dan THR tersebut dituangkan dalam dua Peraturan Pemerintah (PP). “Saat ini RPP-nya sudah selesai diharmonisasi dan sudah diserahkan ke Kementerian Sekretariat Negara untuk selanjutnya ditandatangani Presiden,” terang Setiawan.

Baca Juga  Alhamdulillah, Kemdikbud Lakukan Pembehanan Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Guru

Setiawan menjelaskan, gaji ke-14 sebesar penghasilan sebulan pada bulan Juni 2016. Untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota TNI/POLRI, gaji ke-14 itu meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan/tunjangan umum dan tunjangan kinerja.

Sedangkan bagi pejabat negara meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan.

Untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota TNI/POLRI, gaji ke-14 itu meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan/tunjangan umum dan tunjangan kinerja.

Sedangkan bagi pejabat negara meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan. Untuk THR, akan diberikan sebesar gaji pokok. “Namun THR untuk penerima pensiun/tunjangan hanya 50% dari pensiun pokok/tunjangan,” jelas Setiawan

Sedangkan gaji ke-13 besarnya hanya satu kali gaji pokok, yang berarti tergantung dari golongan masing-masing PNS

Baca Juga  Temukan kecurangan UN ? laporkan disini

Sumber: Setkab.go.id

Share :

Baca Juga

Berita

Tunjangan Profesi Guru akan Dihapus

Berita

Ini Kabar Gembira bagi Lembaga PAUD

Berita

PGRI : Kebijakan Menteri Anies Soal UKG Ulang Dianggap Diskriminatif

Berita

Astaga !! 98 Ribu Guru Belum Terima Tunjangan Profesi

Berita

Demo Guru Honorer sampaikan 10 tuntutan

Berita

Inilah resiko yang ditanggung PNS apabila abaikan pendataan E-PUPNS 2015

Berita

Cara Melaporkan Laporan BOS online

Berita

Kemhan Terbitkan Surat Edaran PNS Boleh Poligami