Home / Model Pembelajaran

Monday, 15 February 2021 - 23:24 WIB

Pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning)

Pembelajaran kooperatif adalah suatu sistem pengajaran yang memberi kesempatan kepada anak didik untuk bekerjasama dengan sesama siswa dalam tugastugas yang terstruktur (Lie, 2004:12). Dalam pembelajaran kooperatif siswa belajar yang terstruktur (Lie, 2004:12). Dalam pembelajaran kooperatif siswa belajar

dalam suatu kelompok kecil dan dikehendaki untuk saling memberi penjelasan yang baik, menjadi pendengar yang baik, mengajukan pertanyaan yang benar.

Salah satu faktor penunjang dalam usaha peningkatan prestasi belajar adalah penggunaan metode dalam proses belajar mengajar. Guru harus mampu menerapkan penggunaan metode dalam proses belajar mengajar. Guru harus mampu menerapkan metode yang tepat agar diperoleh hasil belajar yang maksimal. Menurut Nurhadi metode yang tepat agar diperoleh hasil belajar yang maksimal. Menurut Nurhadi (2004:103) bahwa :

Ada berbagai model pembelajaran yang memenuhi keriteria dalam mendukung pelaksanaan kurikulum 2004, antara lain adalah pendekatan kontekstual, pengajaran berbasis masalah, pengajaran kooperatif, pengajaran berbasis inkuiri, pengajaran berbasis proyek, pengajaran berbasis kerja, PAKEM, Quantum Teaching & Quantum Learning, CBSA, serta pengajaran berbasis melayani.

Baca Juga  Model Pembelajaran Pair Check

Pembelajaran kooperatif merupakan strategi pembelajaran yang menitikberatkan pada pengelompokan siswa dengan tingkat kemampuan akademik yang berbeda ke dalam kelompok kecil, dimana menurut Sartono (2003:32), “Siswa diajarkan keterampilan-keterampilan khusus agar dapat bekerja sama dengan baik dalam kelompoknya, seperti menjelaskan kepada teman sekelompoknya, menghargai pendapat teman, berdiskusi dengan teratur, siswa yang pandai membantu yang lebih lemah, dan sebagainya”.

Pada dasarnya semua pendekatan dan strategi belajar yang memberdayakan siswa merupakan suatu pendekatan dan strategi yang dianjurkan diterapkan dalam kurikulum 2004. tidak ada strategi dan pendekatan khusus yang dianjurkan, kecuali guru tidak menggunakan metode konvensional sebagai satu-satunya pilihan dalam metode pembelajaran. Menurut Nurhadi (2004:112) bahwa :

Dalam pendekatan konstruktif, atas dasar teori bahwa pengajaran menerapkan pembelajaran kooperatif secara ekstensif dengan harapan siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep-konsep yang sulit apabila mereka dapat saling mendiskusikan konsep-konsep tersebut dengan temannya. Dalam pembelajaran kooperatif siswa dilatih untuk mengembangkan interaksi yang saling asah, asih, dan kooperatif siswa dilatih untuk mengembangkan interaksi yang saling asah, asih, dan Menurut Ibrahim (2004:6) pembelajaran yang menggunakan metode kooperatif dapat memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Baca Juga  Ini dia pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2021.d dan cara memperbaruinya

asuh untuk menghindari ketersinggungan dan kesalahpahaman yang dapat menimbulkan permusuhan, sebagai latihan hidup di masyarakat.

  1. Siswa bekerja dalam kelompok secara kooperatif untuk menuntaskan materi belajarnya.
  2. Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah.
  3. Bilamana mungkin, anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku, jenis kelamin berbeda
  4. Penghargaan lebih berorientasi kelompok ketimbang individu

Dari beberapa pengertian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif adalah suatu kumpulan strategi pembelajarn dimana siswa bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil agar lebih mudah menemukan dan memahami konsep-konsep yang sulit melalui diskusi.

Share :

Baca Juga

Model Pembelajaran

Pengertian Strategi Pembelajaran

Model Pembelajaran

Model Pembelajaran Picture and Picture

Model Pembelajaran

Unduh Contoh RPP Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT

Model Pembelajaran

Inilah Pengertian Pendekatan, Metode, Strategi, Teknik, Taktik dan Model Pembelajaran

Model Pembelajaran

Model Pembelajaran Snowball Throwing

Model Pembelajaran

Model Pembelajaran Talking Stick

Model Pembelajaran

Model Pembelajaran Complete Sentence

Model Pembelajaran

Model Pembelajaran Pair Check