Home / Berita

Thursday, 15 October 2015 - 15:20 WIB

Mulai Januari 2016, Pemerintah Ubah Sistem Pangkat dan Gaji

Mulai Januari 2016, Pemerintah Ubah Sistem Pangkat dan Gaji – Badan Kepegawaian Negara (BKN) berencana akan merubah sistem kepangkatan pegawai negeri sipil (PNS) dengan sistem grade (tingkatan). Sistem baru ini sudah dimasukkan dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Gaji dan Tunjangan PNS.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Harya Wibisana mengatakan gaji dan Kepangkatan PNS sebelumnya hanya diatur mulai dari IA sampai 4E. Namun, ke depan akan ada grade 1 sampai 27. ”Itu nanti ada range -nya. Masa kerja sekian, kompetensi sekian, itu ada di-grade sekian sehingga kompetensi dihargai,” paparnya.

Bima mengatakan, kepangkatan ini akan berpengaruh pada sistem penggajian yang baru. Besaran gaji PNS juga akan dilihat dari grade yang dimiliki setiap PNS.

Baca Juga  Anies Ingatkan Pentingnya Pendidikan Kesehatan sejak Usia Dini

”Sistem kepangkatan akan berbeda. Ada 27 grade. Misal, pangkatnya 4A masa kerja 10 tahun dengan pendidikan doktor dengan pangkat 4A masa kerja 10 tahun pendidikan master, apakah gajinya sama? Kita akan membedakan. Kalau sekarang kan semuanya sama,” ungkapnya.

Menurut dia, data di BKN saat ini sudah jauh lebih baik dan teratur. Data-data yang rusak dan tidak jelas sudah dimusnahkan.

”Ini sekaligus pembersihan data yang rusak. Di samping itu juga agar data lebih lengkap,” tandasnya.

Dia menjelaskan sistem ini berlaku pada 1 Januari 2016 sehingga pendataan diharapkan akan tuntas sampai 31 Desember mendatang.

”Jangan sampai ini ditetapkan, data tidak ada. Jika ini semua terdata baik, kita siap untuk diterapkan tahun depan,” ungkapnya. (sumber : Jawapos)

Baca Juga  Tim Paduan Suara Asal Indonesia Sabet Dua Penghargaan Internasional

Share :

Baca Juga

Berita

Inilah Perbandingan Persentase Dana Pendidikan di 34 Provinsi

Berita

Kabar Gembira bagi peminat Kursi CPNS

Berita

Inilah kabupaten di Kalimantan yang akan terima CPNS 2018

Berita

Seleksi Terbuka Calon Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Berita

PGRI: Penyaluran Tunjangan Profesi Guru 2015 Lebih Buruk dari Tahun sebelumnya

Berita

Ini Kata Sri Mulyana Soal Pembayaran Gaji 13 dan 14 PNS/ASN

Berita

Inilah daftar berkas yang harus disiapkan untuk Pendataan E-PUPNS

Berita

Menteri Anies siap-siap Ajukan Gugatan