Home / Berita

Thursday, 15 October 2015 - 15:20 WIB

Mulai Januari 2016, Pemerintah Ubah Sistem Pangkat dan Gaji

Mulai Januari 2016, Pemerintah Ubah Sistem Pangkat dan Gaji – Badan Kepegawaian Negara (BKN) berencana akan merubah sistem kepangkatan pegawai negeri sipil (PNS) dengan sistem grade (tingkatan). Sistem baru ini sudah dimasukkan dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Gaji dan Tunjangan PNS.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Harya Wibisana mengatakan gaji dan Kepangkatan PNS sebelumnya hanya diatur mulai dari IA sampai 4E. Namun, ke depan akan ada grade 1 sampai 27. ”Itu nanti ada range -nya. Masa kerja sekian, kompetensi sekian, itu ada di-grade sekian sehingga kompetensi dihargai,” paparnya.

Bima mengatakan, kepangkatan ini akan berpengaruh pada sistem penggajian yang baru. Besaran gaji PNS juga akan dilihat dari grade yang dimiliki setiap PNS.

Baca Juga  Beda Sertifikasi Guru Dulu dan Sekarang

”Sistem kepangkatan akan berbeda. Ada 27 grade. Misal, pangkatnya 4A masa kerja 10 tahun dengan pendidikan doktor dengan pangkat 4A masa kerja 10 tahun pendidikan master, apakah gajinya sama? Kita akan membedakan. Kalau sekarang kan semuanya sama,” ungkapnya.

Menurut dia, data di BKN saat ini sudah jauh lebih baik dan teratur. Data-data yang rusak dan tidak jelas sudah dimusnahkan.

”Ini sekaligus pembersihan data yang rusak. Di samping itu juga agar data lebih lengkap,” tandasnya.

Dia menjelaskan sistem ini berlaku pada 1 Januari 2016 sehingga pendataan diharapkan akan tuntas sampai 31 Desember mendatang.

”Jangan sampai ini ditetapkan, data tidak ada. Jika ini semua terdata baik, kita siap untuk diterapkan tahun depan,” ungkapnya. (sumber : Jawapos)

Baca Juga  Mendikbud: UN tahun ini bukan sesuatu yang mengerikan lagi bagi siswa

Share :

Baca Juga

Berita

Lomba Foto Bidang pendidikan dan Kebudayaan

Berita

Panduan Pengajuan Usulan Program Insentif Penulisan Buku Ajar Perguruan Tinggi 2015

Berita

Sudah 7 Bulan Guru Honorer tak Gajian

Berita

Pencairan Tunjangan Profesi Guru Triwulan Pertama April 2015

Berita

Inilah 10 Tuntutan Aksi Gabungan Guru Honorer

Berita

Guru Kepung Istana 15-16 September

Berita

Inilah 7 Propinsi Raih Nilai UKG Tertinggi

Berita

Kemendikbud Didesak Bikin Buku Panduan MOS