banner 728x250

Model Pembelajaran kooperatif Learning

banner 120x600
banner 468x60

Model Pembelajaran kooperatif Learning – Salam edukasi, berikut ini kami berikan artikel tentang Model Pembelajaran kooperatif Learning  yang mungkin bermanfaat bagi anda guru/pendidik maupun mahasiswa di jurusan kependidikan. Model Pembelajaran kooperatif Learning  adalah salah satu model yang banyak digunakan di sekolah sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa yang menurun.

Cooperative Learning merupakan suatu model pembelajaran dengan menggunakan kelompok kecil, bekerja sama. Keberhasilan dari model ini sangat tergantung pada kemampuan aktivitas anggota kelompok, baik secara individual maupun dalam bentuk kelompok. Cooperative Learning tidak sama dengan belajar kelompok, atau kelompok kerja, tapi memiliki struktur dorongan dan tugas yang bersifat cooperative, sehingga terjadi interaksi secara terbuka dan hubungan interdependensi yang efektif. Cooperative Learning ini sangat menyentuh hakekat manusia sebagai makhluk sosial, yang selalu berinteraksi, saling membantu kearah yang makin baik secara bersama “ getting better together “. Dalam proses belajar disini betul-betul diutamakan saling membantu diantara anggota kelompok (Buchari, 2009:81).

banner 325x300

Tujuan penting lain dari pembelajaran kooperatif adalah untuk rnengajarkan kepada siswa keterampilan kerjasama dan kolaborasi. Keterampilan ini amat penting untuk dimiliki di dalam masyarakat di mana banyak kerja orang dewasa sebagian besar dilakukan dalam organisasi yang saling bergantung sama lain dan di mana masyarakat secara budaya semakin beragam. Sementara itu, banyak anak muda dan orang dewasa masih kurang dalam keterampilan sosial. Situasi ini dibuktikan dengan begitu sering pertikaian kecil antara individu dapat mengakibatkan tindak kekerasan atau betapa sering orang menyatakan ketidakpuasan pada saat diminta untuk bekerja dalarn situasi kooperatif

(Dzaki, 2009).

Menurut Anita Lie (2000 : 31) Untuk mencapai hasil yang maksimal, maka lima unsur pembelajaran gotong royong harus diterapkan :

  1. Saling ketergantungan positif
  2. Tanggung jawab perseorangan
  3. Tatap muka
  4. Komunikasi antar anggota
  5. Evaluasi proses kelompok

Menurut Slavin dalam Solihatin (2007 : 4) berpendapat bahwa Cooperative Learning Adalah suatu model pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari 4 sampai 6 orang, dengan struktur kelompoknya yang bersifat heterogen.

Strategi pembelajaran kooperatif merupakan strategi pembelajaran kelompok yang akhir-akhir ini menjadi perhatian dan dianjurkan para ahli pendidikan untuk digunakan. Menurut Slavin (dalam Suriansyah dkk, 2009 : 318) mengemukakan dua alasan, pertama, beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sekaligus dapat meningkatkan kemampuan hubungan sosial, menumbuhkan sikap menerima kekurangan diri dan orang lain, serta dapat meningkatkan harga diri. Kedua, pembelajaran kooperatif dapat merealisasikan kebutuhan siswa dalam belajar berfikir, memecahkan masalah, dan mengintegrasikan pengetahuan dengan keterampilan.

Dari dua alasan tersebut, maka pembelajaran kooperatif merupakan bentuk pembelajaran yang dapat memperbaiki sistem pembelajaran yang selama ini memiliki kelemahan.

 

Sumber :

Anita Lie . 2007 . Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo.

Dzaki, M.F . 2009 . Langkah-langkah Model Pembelajaran Kooperatif (online) (http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2009/03/langkah-langkah-model-pembelajaran.html)

Solihatin, E . 2007 . Cooperative Learning : Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara

Suriansyah, A, Aslamiah, dan Sulaiman. 2009 . Strategi Pembelajaran Banjarmasin : Universitas Lambung mangkurat

 

Demikian artikel  ” Model Pembelajaran kooperatif Learning  ” semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian

 

Incoming Search :

cooperative learning adalah, cooperative learning pdf, cooperative learning method, cooperative learning slavin,, cooperative learning tipe jigsaw, cooperative learning teori dan aplikasi paikem, cooperative learning ppt, cooperative learning articles journals, cooperative learning anita lie pdf, cooperative learning approach pdf, cooperative learning and second language teaching, cooperative learning book pdf, cooperative learning by slavin pdf, cooperative learning by johnson and Johnson, kooperatif learning tipe jigsaw, kooperatif learning tipe stad, kooperatif learning tipe jigsaw, kooperatif learning tipe stad, kooperatif learning pdf, kooperatif learning tipe nht, kooperatif learning tipe tgt, kooperatif learning ppt, kooperatif learning together, kooperatif learning menurut para ahli, kooperatif learning together adalah, kooperatif learning stad, kooperatif learning adalah, kooperatif learning anita lie, cooperative learning activities, cooperative learning approach, cooperative learning adalah, cooperative learning articles, cooperative learning activity, cooperative learning activities for elementary students, cooperative learning advantages and disadvantages, cooperative learning advantages, kooperatif learning bahasa indonesia, cooperative learning benefits, cooperative learning books, cooperative learning book, cooperative learning by spencer kagan, cooperative learning by kagan, cooperative learning by johnson and johnson, cooperative learning by robert slavin, cooperative learning book pdf, cooperative learning books free, cooperative learning classroom, cooperative learning classroom activities, cooperative learning center, cooperative learning characteristics, cooperative learning components, cooperative learning classroom research, cooperative learning conclusion, cooperative learning concept

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *