Home / Berita

Thursday, 24 September 2015 - 22:57 WIB

Kinerja PNS, Gaji PNS Rajin Beda dengan yang Malas

Standar gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang rata-rata sama, menimbulkan kecumburuan di kalangan pegawai. Pasalnya, PNS berkinerja baik merasa tidak adil bila rekannya yang pemalas gajinya juga sama.

“Memang sering ada kecumburuan di kalangan PNS. PNS menerima gaji dengan nominal yang sama antara masing-masing pegawai dalam jenjang pangkat dan masa kerja yang sama. Ini pulalah yang mendorong pemerintah membuat formula penggajian yang tepat,” kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana dalam keterangan persnya, Jumat (18/9).

‎Pemerintah saat ini sedang merumuskan sistem penggajian yang tepat bagi PNS. “Hal ini (gaji, red) memang akan diubah dalam sistem yang lebih adil. Menuju single salary system. Dan PNS yang performnya bagus gajinya tidak bisa disamakan dengan  yang tidak perform,” terangnya.

Baca Juga  Inilah daftar berkas yang harus disiapkan untuk Pendataan E-PUPNS

Lanjut dikatakan, ke depan bukan hanya dari segi gaji saja, segi penghargaan atau promosi juga akan diterapkan. Pegawai yang perform baik dan lebih berprestasi akan mendapatkan promosi jabatan terlebih dahulu.

“Konsekuensinya bila junior yang perform, lebih berprestasi dan mendapatkan penghargaan/Jabatan maka yang senior harus mau menerimanya,” ucap Bima.

‎Dengan sistem itu mindset PNS harus berubah seiring dengan tuntutan zaman. Selain itu pemerintah juga akan merumuskan formula untuk menghitung/menilai perform seorang PNS. Penghitungannya diantaranya akan meliputi capaian target.

Seberapa cepat dan murah target tersebut dicapai, harus dipastikan semua PNS ketika jam kerja dimulai mereka tahu apa yang akan dikerjakan dan bisa mencapai target yang telah ditetapkan. Dengan penetapan target, masing-masing pegawai akan mengadu prestasi untuk kemajuan organisasi (sumber : JPNN)

Baca Juga  PGRI : Kebijakan Menteri Anies Soal UKG Ulang Dianggap Diskriminatif

Share :

Baca Juga

Berita

Kabar Gembira !! Gaji ke 14 dibayarkan menjelang Penerimaan Siswa Baru

Berita

Kemdikbud : UN Tahun ini tetap soal Pilihan Ganda

Berita

Ingat !!! Batas Akhir Pengambilan Data BOS SM Tahap ke 3 adalah 15 April 2015

Berita

Gawat ! Nasib 58 Ribu guru terancam tidak boleh mengajar

Berita

Ini Dia Proses Seleksi Guru SM3T

Berita

Tim Paduan Suara Asal Indonesia Sabet Dua Penghargaan Internasional

Berita

PENTING! Bagi Orangtua dan Peserta Didik Tolong Baca Pesan Menteri Baswedan Ini

Berita

Guru tak bersertifikasi di akhir tahun 2015 dilarang mengajar