Home / Berita / Ujian Nasional

Sunday, 12 April 2015 - 22:30 WIB

Inilah Prosedur Ujian Nasional di Lapas

Pada bulan ini, seluruh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK/MA) akan melaksanakan UJian Nasional, Siswa tingkat akhir jenjang pendidikan yang terjerat kasus hukum tetap diberi hak mengikuti ujian nasional (UN). Mereka bisa mengikuti UN tanpa harus keluar dari lembaga pemasyarakatan (Lapas).

“Peserta UN di Lapas bisa mengerjakan soal didampingi pengawas. Jadi naskah soal dan petugasnya yang datang ke Lapas,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan dalam konpres di kantornya, Kamis (9/4).

Dia mengimbau kepada pemerintah daerah yang siswanya berada di Lapas untuk proaktif dalam memenuhi hak UN. Yang terpenting, sambung Anies, siswa tersebut telah memenuhi syarat untuk mengikuti UN.

Baca Juga  Sri Mulyani Bawa Rencana Perubahan Struktur Gaji PNS ke Jokowi

Tak hanya itu, siswa yang berhalangan hadir karena sakit juga bisa mengikuti UN. Petugas bisa saja datang ke rumah sakit tempat siswa dirawat. Jika tak memungkinkan, siswa itu bisa mengikuti ujian susulan.

“UN adalah hak setiap siswa sekaligus kewajiban yang harus mereka penuhi untuk menyelesaikan jenjang pendidikannya. Meskipun tidak lagi jadi penentu kelulusan, setiap siswa wajib mengikuti satu kali ujian nasional,” tegas Anis. (sumber : JPNN)

Share :

Baca Juga

Berita

PGRI ingatkan Jokowi jangan ingkari janji dengan tidak hapus Tunjangan guru

Berita

Inilah Propinsi peraih Nilai Integritas Tertinggi

Berita

Biaya Sertifikasi guru Rp. 14 Juta, ditanggung guru masing-masing

Berita

Ini Kabar Gembira bagi Lembaga PAUD

Berita

PENTING! Bagi Orangtua dan Peserta Didik Tolong Baca Pesan Menteri Baswedan Ini

Berita

Mendikbud: K-13 Tetap Berlaku

Berita

Info Pembatalan Bantuan Dana Penulisan PTK Puslitjakdikbud Tahun 2016

Berita

Kebijakan Perubahan Ujian Nasional Tahun 2015