Home / Berita

Sunday, 12 June 2016 - 04:00 WIB

Inilah Propinsi peraih Nilai Integritas Tertinggi

RUMAH BELAJAR – Anies Baswesan‎ mengaku sangat gembira dengan adanya perkembangan indeks integritas Ujian Nasional SMP/MTs yang mengalami peningkatan sangat signifikasi dibandingkan tahun 2015 yang lalu.

“Saya mengapresiasi daerah yang menunjukkan peningkatan integritas dalam penyelenggaraan UN‎ SMP/MTs tahun ini,” ucap Anies Baswedan pada Konferensi Press pada Jumat lalu (10/6).

Mendikbud mengatakan bahwa propinsi dengan kenaikan IIUN tertinggi adalah Sulawesi Barat, Sumatera Selatan di peringkat kedua, diikuti Sulawesi Utara, Aceh, Sulawesi Selatan, Gorontalo, dan Sumatera Utara.

Selain itu, Propinsi yang memperoleh nilai IIUN tertinggi tahun 2016 yaitu; DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa Barat, Bengkulu, dan Kepulauan Riau.

Baca Juga  Siswa Meninggal Seusai MOS, Menteri Anies Geram

Adapun Nilai rerata secara nasional Ujian Nasional (UN) 2016 adalah  58,57 untuk SMP, dan 59,06 untuk MTs, serta 48,36 untuk SMP Terbuka.

Dengan meningkatnya nilai IIUN, lanjut Anies, tingkat kejujuran naik, maka nilai yang keluar adalah lebih akurat mendekati kemampuan siswa yang sebenarnya.

Ke depan, soal UN mendatang akan lebih dititikberatkan pada kemampuan penalaran dan analisa. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kemampuan penalaran, dan analisa.

“Kemampuan menalar dan menganalisa sangat diperlukan pada masa mendatang mengingat kecenderungan dunia yang lebih kompleks dan kompetitif,” jelas Mendikbud.

Share :

Baca Juga

Berita

Inilah Prosedur Ujian Nasional di Lapas

Berita

Seragam Dinas PNS akan Berubah lagi

Berita

Inilah syarat Pengajuan NUPTK bagi PTK non PNS Terbaru

Berita

Rahasia dan do’a agar Lulus Ujian Nasional

Berita

Pertama Dalam Sejarah, Tahun Depan PNS Dapat THR

Berita

PENTING! Bagi Orangtua dan Peserta Didik Tolong Baca Pesan Menteri Baswedan Ini

Berita

Presiden Jokowi Salami Gurunya di Peringatan Hari Guru di Istora Senayan

Berita

Biaya Sertifikasi guru Rp. 14 Juta, ditanggung guru masing-masing