Home / Berita

Tuesday, 21 July 2020 - 20:42 WIB

Gaji Ke-13 PNS, POLRI, TNI, Pensiunan dipastikan Cair pada Agustus 2020

Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa gaji ke-13 untuk aparatur sipil negara (ASN) dibayarkan pada bulan Agustus ini. “Pembayaran gaji ke-13 ASN, Polri, TNI, dan Pensiunan¬† pada bulan Agustus tahun 2020,” katanya Sri Mulyani melalui konferensi pers virtual pada selasa 27 Juli Tahun 2020.

Tetapi, sebelum dilaksanakannya pembayaran gaji ke-13 tersebut kepada aparatur sipil negara (ASN), Polri, TNI, dan pensiunan, pemerintah harus mengubah beberapa regulasi, yaitu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019 dan PP No 38 Tahun 2019. Serta pelaksanaan ini kita akan segera mengeluarkan revisi dari regulasi-regulasi yang ada. Pemberian gaji ke-13 didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga atas PP Nomor 19 Tahun 2006 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas kepada PNS, prajurit TNI, Polri, pensiun, dan tunjangan,” paparnya. “Dan PP Nomor 38 Tahun 2019 perubahan atas PP 24 Tahun 2017 tentang Pemberian Penghasilan Ketiga Belas kepada Pimpinan dan Pegawai Non-PNS pada Lembaga Non-Struktural. Oleh karena itu, pelaksanaan gaji ke-13 pada 2020 akan dilakukan dengan melakukan pengubahan pada kedua PP tersebut,” lanjut Bendahara Negara ini. Sebab, dalam regulasi tersebut, lanjutnya, pejabat eselon I, eselon II, dan level yang setara masih mendapatkan gaji ke-13. Sementara itu, gaji ke-13 selama masa pandemi virus corona (Covid-19) ini hanya diperuntukkan kepada level di bawahnya.

Baca Juga  Pencairan Tunjangan Profesi Guru Jangan Lewat 16 April

“Diakibatkan karena tadi yang menerima gaji ke-13 adalah mereka yang di bawah level pejabat negara eselon I, eselon II, dan pejabat yang setingkatnya,” ujarnya. Untuk pelaksanaan pembayaran gaji ke-13, dirinya akan berkoordinasi dengan Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo mengenai revisi kedua regulasi tersebut. “Di dalam perubahan PP yang diharapkan bisa selesai dalam satu atau dua minggu sehingga Agustus kita sudah bisa melaksanakan pembayaran gaji ke-13 untuk seluruh ASN, TNI, Polri, dan pensiunan,” katanya.

Sumber : Kompas

 

 

 

 

Share :

Baca Juga

Berita

Mulai Januari 2016, Pemerintah Ubah Sistem Pangkat dan Gaji

Berita

Sayembara Desain Logo OSN Kemdikbud

Berita

Siap Siap Tes CPNS akan dilaksanakan Maret 2016

Berita

Pencairan Tunjangan Profesi Guru Triwulan Pertama April 2015

Berita

Seleksi Terbuka Calon Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Berita

Yuddy Larang guru ikut perayaan HUT PGRI

Berita

Biaya Sertifikasi guru Rp. 14 Juta, ditanggung guru masing-masing

Berita

Sarjana Majukan pendidikan Lewat SM3T, ayo !! segera daftar