Home / Berita

Monday, 27 April 2015 - 22:18 WIB

Dorong dan Motivasi agar Mahasiswa Cerdas Berwirausaha

JAKARTA – Tingginya angka pengangguran di Indonesia selalu menjadi perhatian dari kalangan pendidikan. Arissetyanto Nugroho yang menjabat sebagai Rektor Universitas Mercu Buana (UMB),  mengatakan bahwa semangat berwirausaha di kalangan mahasiswa masih belum tumbuh maksimal.

“Keterampilan berwirausaha itu implementasi ilmu dan kebutuhan realitas. Jadi sangat tepat memberikan secara optimal ketermpilan berwirausaha sejak kuliah,” ujar Arissetyanto Nugroho saat seminar wirausaha di kampus UMB, Jakarta, kemarin.

(Baca Juga :Belajar Sambil Berdiri Bisa Tingkatkan Konsentrasi Belajar Anak)

Dia menyebutkan data Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mencatat jumlah pengangguran di Indonesia memang ada penurunan. Tetapi tetap belum mampu menyerap jumlah tenaga kerja secara optimal.

Baca Juga  Inilah daftar berkas yang harus disiapkan untuk Pendataan E-PUPNS

Pada 2004 angka pengangguran mencapai 11,7 juta orang. Sedangkan pada akhir tahun 2008 mengalami penurunan yaitu menjadi 9,4 juta orang. Kendati jumlah pengangguran mengalami penurunan, dilihat dari angka persentasenya yang mencapai 9,4 juta, jumlah pengangguran dinilai masih tinggI. Karena itu, diperlukan langkah-langkah antisipasi, melalui berbagai program penanggulangan pengangguran.

(Baca Juga :Pelatihan Guru meningkatkan Profesional dan Mutu Guru)

Kepala Pusat UMB Career dan Training Center, Wahyu Hari Haji Mengatakan, serapan dunia kerja terhadap alumni UMB sangat tinggi. Hampir 80 persen alumni UMB diterima berbagai lapangan pekerjaan yang tersedia

Share :

Baca Juga

Berita

Perpres tentang Kemendikbud Resmi Terbit

Berita

Ini Dia Proses Seleksi Guru SM3T

Berita

Kemdikbud : UN Tahun ini tetap soal Pilihan Ganda

Berita

Inilah resiko yang ditanggung PNS apabila abaikan pendataan E-PUPNS 2015

Berita

Inilah Perbandingan Persentase Dana Pendidikan di 34 Provinsi

Berita

Dinilai Merugikan Tenaga Pengajar, PP Guru Harus Direvisi

Berita

Daftar Pemenang O2SN 2015 Jenjang PK-LK Dikdas

Berita

Lapor Pak Jokowi! Indonesia Krisis Guru