Ada berbagai manfaat atau keuntungan ketika mengikuti progam Pendidikan Guru Penggerak yang diselenggarakan oleh Kemdikbud.

Pendidikan Guru Penggerak diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk memupuk guru menjadi tenaga yang lebih profesional dan dapat menjadi agen transformasi pendidikan di satuannya masing-masing.

Bukan hanya guru, kepala sekolah satuan pendidikan juga bisa mengikuti program Guru Penggerak asalkan memenuhi syarat yang ditentukan Kemdikbud.

Perlu diketahui, pendaftaran Pendidikan Guru Penggerak untuk angkatan 8, 9 dan 10 telah dibuka sejak tanggal 1 hingga 30 September 2022.

 

agi para guru yang ingin mengikuti program ini, masih ada kesempatan untuk daftar dan mengikuti seluruh tahap seleksi sebelum resmi menjadi Guru Penggerak.

Konsep pembelajaran pada program Guru Penggerak menggunakan sistem blended learnig atau pembelajaran campuran.

Dengan begitu, peserta Guru Penggerak bisa tetap mengikuti pembelajaran sekaligus bertugas mengajar dan menggerakkan komunitas di sekolah masing-masing.

Dengan mengikuti program dari Kemdikbud ini, guru dapat meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid.

Selama pelaksanaan program Guru Penggerak, guru akan dibimbing oleh instruktur, fasilitator dan pengajar praktik profesional.

Bagi calon Guru Penggerak yang lolos seleksi pada angkatan 8, 9, dan 10 akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

  1. Pendidikan dan pendampingan selama 6 bulan
  2. Sertifikat Guru Penggerak
  3. Selama pendidikan dan pendampingan mendapatkan bantuan paket data untuk pelatihan daring (online)
  4. Selama lokakarya ada bantuan transportasi, konsumsi dan akomodasi (syarat dan ketentuan berlaku)
  5. Selama pelaksanaan program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.

Sumber : Pikiran Rakyat