Home / Berita

Monday, 28 September 2015 - 15:17 WIB

Alhamdulillah, Kemdikbud Lakukan Pembehanan Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Guru

Alhamdulillah, Kemdikbud Lakukan Pembehanan Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Guru – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan membenahi skema penggajian bagi guru PNS agar menjadi lebih layak, yaitu berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN).

Menurut Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud (Dirjen GTK) Sumarna Surapranata‎‎, pembenahan penggajian akan dilakukan pada sumber pendapatan guru PNS menjadi gaji pokok, tunjangan kinerja, dan tunjangan kemahalan. Ketiga sumber pendapatan ini akan dimasukkan ke dalam single salary PNS.

Untuk gaji pokok, Dirjen Pranata menjelaskan, gaji akan dibayarkan sesuai dengan beban kerja, tanggung jawab, dan resiko pekerjaan.

“Gaji PNS ini sesuai dengan pengaturan gaji di dalam pasal 79 UU ASN. Pengaturan gaji ini semata-mata untuk meningkatkan standar kesejahteraan guru,” ujarnya di Jakarta, Senin (28/9).

Baca Juga  Mendikbud: Hanya Satu Orang Pelaku Pembocoran Soal UN

Dia menyontohkan, gaji A akan berbeda dengan gaji B, sesuai dengan golongan yang berbeda, masa kerja berbeda, dan resiko pekerjaan yang berbeda, dan gaji diberikan secara bertahap.

‎Pada skema tunjangan, Dirjen Pranata menjelaskan akan ada dua jenis pemberian tunjangan yaitu tunjangan kinerja, dan tunjangan kemahalan. “Tunjangan kinerja itu berdasarkan pencapaian kinerja. Sedangkan tunjangan kemahalan berdasarkan indeks kemahalan harga yang ada di daerah. Papua tentu berbeda dengan Jakarta, dan Garut,” tutupnya. (sumber : JPNN)

Share :

Baca Juga

Berita

Ayo ikuti !! Lomba Peringatan Hari Sejarah

Berita

WAJIB BACA !! Hasil UKG kurang dari 60 , Guru wajib ikut pelatihan

Berita

Syarat mendapatkan tunjangan fungsional guru non pns tahun 2015

Berita

Kemdikbud : UN Tahun ini tetap soal Pilihan Ganda

Berita

Sri Mulyani Bawa Rencana Perubahan Struktur Gaji PNS ke Jokowi

Berita

Inilah Penjelasan Mendikbud tentang dugaan kebocoran Soal UN di google drive

Berita

Gawat ! Nasib 58 Ribu guru terancam tidak boleh mengajar

Berita

Lomba Foto Bidang pendidikan dan Kebudayaan