Serba serbi drone yang perlu kamu tahu

Tahukah Anda sejarah drone? Awalnya drone digunakan dalam menjalankan misi infiltrasi ke area yang belum terjamah maupun area yang berbahaya dengan potensi konflik yang cukup tinggi. Selain digunakan untuk melakukan pengintaian, drone militer juga memiliki daya angkut dengan kapasitas yang tinggi sehingga bisa digunakan sebagai pesawat boomber tanpa awak.  Teknologi militer drone terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi baik militer maupun non militer yang telah diaplikasikan pada produk drone yang kini meluas digunakan.

Seiring perkembangan waktu, drone terus berkembang untuk memenuhi segala kebutuhan, termasuk kebutuhan non militer. Desain drone non militer sangat disesuaikan dengan fungsi yang dibutuhkan. Selain itu, ketersediaan teknologi dan suku cadang juga akan melahirkan kreatifitas untuk menyediakan drone dengan harga  yang lebih terjangkau. Apalagi permintaan drone murah semakin tinggi untuk penggunaan personal maupun profesional. Ini semakin mendorong berkembangnya bisnis produksi drone.

Berbagai Fungsi Drone Non Militer

Untuk penggunaan non militer, drone telah lama digunakan untuk mengambil gambar dengan view yang sulit dari berbagai spot. Kita bisa mengambil gambar dengan menggunakan drone di tebing yang sulit untuk dilalui atau berbahaya karena curam. Dahulunya, sebelum drone hadir, biasanya fotografer melakukan aksi berbahaya untuk mendapatkan angle foto maupun video yang ideal. Walaupun sampai sekarang juga masih ada orang yang melakukan aksi berbahaya untuk mendapatkan foto atau video.

Selain mendaki tebing-tebing curam atau gedung tinggi secara langsung, keperluan pengambilan gambar juga dilakukan menggunakan balon udara. Namun demikian, kesulitan sering terjadi karena balon udara terlalu sulit untuk dikendalikan. Kondisi akan lebih sulit lagi bila cuaca berangin dan tidak bersahabat. Untuk itu, kehadiran drone murah dan berkualitas sangat mendukung dihindarinya aktivitas-aktivitas mahal dan berbahaya dalam merekam antau mendapatkan momentum foto dan video.

Selain untuk mengambil gambar dan video, kehadiran drone murah juga bisa dimanfaatkan sebagai pengumpul data penelitian, maupun keperluan jurnalisme. Sehingga baik peneliti mapun jurnalis akan mendapat data atau bukti-bukti yang cukup untuk kebutuhan pekerjaan atau kasus mereka. Hal ini membuka peluang untuk semakin mengembangkan kemampuan teknis dalam membuat drone berkualitas dengan fungsi  fitur yang lebih sempurna, beragam sesuai kebutuhan profesional banyak orang.

Fungsi dan manfaat drone juga bisa digunakan oleh para tim penyelamat untuk melakukan aktifitas SAR atau Search And Rescue agar bisa menjangkau lebih banyak area untuk melakukan pencarian yang efektif. Dengan pencarian di area yang lebih luas menggunakan drone, tentu saja akan memberikan hasil scaning area yang optimal. Selain itu, drone juga bisa menjamin keamanan bagi anggota SAR yang bertugas dilapangan. seandainya masyarakat  luas memahami, kehadiran drone murah begitu banyak manfaatnya bukan?

Jenis Drone Menurut Jumlah Baling-Baling Yang Digunakan

Secara umum drone bisa digolongkan menjadi dua jenis sesuai dengan jumlah baling-baling yang dugunakan. Drone yang pertama adalah jenis Fixed Wing Drone. Pada tipe ini, baling-baling digunakan pada pesawat yang menggunakan sayap. Hal tersebut memungkinkan daya jelajah yang baik karena menggunakan satu baling-baling. Disamping itu, drone berbaling-baling satu ini juga mengkonsumsi bahan bakar yang relatif lebih irit, atau baterai yang lebih hemat.

Tipe-tipe drone kedua adalah multicopter. Multicopter untuk drone yang menggunakan 3 baling-baling disebut juga 3copter. Sementara untuk baling-baling dengan aplikasi 4 buah akan disebut dengan quadcopter. Sedangkan drone yang menggunakan 6 baling-baling disebut hexacopter.  Jumlah baling-baling akan menentukan kekuatan yang dimiliki, walaupun tidak selalu seperti itu. Karena sekarang tersedia jenis drone murah yang lebih ringan karena material dan desainnya dirancang demikian.

Pada drone pengangkut, semakin banyak baling-baling akan membuat kapasitas angkut semakin tinggi hingga bisa membawa barang yang lebih berat. Sementara untuk drone yang dilengkapi kamera, maka drone bisa lebih dinamis dan stabil. Keunggulan drone yang ringan dan cepat itu bisa dimanfaatkan agar gambar yang didapat lebih sempurna, lengkap dan tajam. Namun demikian, dengan penggunaan banyak baling-baling akan membuat konsumsi energi meningkat.

Beberapa Sumber Tenaga Drone

Drone yang ada saat ini memiliki 2 jenis sumber energi untuk bisa terbang dengan baik. Yang pertama adalah drone yang menggunakan tenaga mesin yang digerakan menggunakan bahan bakar. Karena emisi pembuangan dan ancaman kebocoran bahan bakar, maka drone ini tidak cocok untuk digunakan sebagai kamera terbang. Untuk itu, akan lebih cocok menggunakan baterai bagi drone dengan aplikasi kamera. Teknologi pada baterai juga menekan harga hingga drone murah lebih terjangkau.

Menariknya, untuk saat ini, telah dikembangkan drone yang bisa menggunakan tenaga surya agar bisa digunakan lebih lama untuk keperluan tertentu. Drone tenaga surya ini biasanya akan terbang selama beberapa bulan tanpa mendarat. Drone ini bisa digunakan sebagai alat pantau cuaca, juga bisa digunakan untuk keperluan pemetaan wilayah mengenai kondisi lingkungan saat ini dengan lebih mudah. Drone jenis ini cukup mahal namun banyak sekali manfaatnya.

Mengapa Harga Drone Mahal?

Harga drone saat ini cukup tergolong tinggi untuk spesifikasi yang baik. Hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun demikian, dengan perkembangan teknologi yang ada, serta tingginya tingkat kebutuhan masyarakat, maka bukan tidak mungkin harga drone akan bisa lebih terjangkau bahkan bisa dikatakan murah. Drone murah bukan impian, karena sudah banyak produsen yang berinovasi dan membuat drone lebih terjangkau. Berikut ini hal yang menjadi penyebab drone memiliki harga yang lumayan tinggi.

  1. Drone belum diproduksi secara massal

Penyebab tersebut berakibat pada pencapaian nilai keuntungan yang terbatas karena penjualan yang juga terbatas. Dengan penjualan dalam jumlah kecil, maka biaya produksi bisa ditutup hanya dengan meningkatkan harga. Seiring meningkatnya permintaan, maka diharapkan harga drone akan turun.

  1. Suku cadang yang terbatas

Karena produksi yang terbatas, maka sparepart yang digunakan juga akan terbatas. Hal itu membuat harga suku cadang akan meningkat. Saat ini beberapa sparepart harus didapatkan dengan pemesanan karena barang tidak tersedia atau harus impor. Untuk menurunkan harga, maka perlu adanya suku cadang alternatif yang mudah dan murah.

  1. Drone sebagai barang impor

Seperti barang impor lainnya, drone akan mahal karena diproduksi di luar negeri. Untuk membuat drone yang harganya menjadi lebih terjangkau maka perlu meningkatkan muatan lokal yang ada. Bila perlu dibuat di dalam negeri sepenuhnya agar bisa menekan harga. Saat ini sudah mulai banyak berkembang para pemain local, namun tetap perlu dukungan pemerintah.

Sekali lagi, mengingat kebutuhan orang untuk memanfaatkan drone semakin besar, maka drone murah akan semakin mudah didapatkan. Apalagi sekarang berkembang komunitas-komunitas penggemar atau penghobi drone. Masyarakat maupun pemerintah juga semakin sadar akan pentingnya memanfaatkan teknologi pesawat tanpa awak ini untuk mengatasi masalah dengan resiko yang minimal. Berkembangnya penggunaan drone dan inovasi yang semakin maju kelak akan memberi banyak manfaat.

 

Incoming search terms:

  • serba serbi drone