Masalah Alergi Anak Bisa Menganggu Pergaulan, Ini Cara Memberikannya Lingkungan yang Normal

Terjadinya masalah alergi anak seringkali membuat anak merasa gelisah, takut, dan juga depresi. Meskipun alergi sendiri tidak selalu membahayakan secara fatal, namun alergi memberikan dampak psikologis yang cukup besar pada anak. Inilah alasannya kenapa anak-anak yang mengalami banyak alergi makanan biasanya terlihat murung dan tak seceria anak-anak lain yang relatif bebas dari alergi.

Sumber gambar Ilustrasi: http://vemale.com/headline/650×325/2016/08/main-adu-gelitik-kakak-temukan-adiknya-yang-kena-kanker-langka.jpg

Masalah yang bisa terjadi pada anak karena alergi nya biasanya adalah karena perasaan terisolasi, lantaran tak bisa saling berbagi dengan teman-temannya. Apalagi anak yang mempunyai alergi terhadap makanan yang umum dipakai sebagai bahan makanan di Indonesia, seperti kacang maupun susu. Ini akan membuat anak jadi terkucilkan dalam pergaulan. Anda tentunya tak mau anak mengalami hal ini, bukan?

Jadi, jangan terlalu mengurung anak meskipun dia memiliki alergi makanan. Anda justru harus membantunya untuk membuatnya bahagia dan mengusahakan agar dia bisa menikmati masa kecilnya senormal mungkin. Ini yang bisa Anda lakukan:

 

  • Berikan dia alternatif dari makanan lain yang memiliki nutrisi sama sehingga dia tetap bisa tumbuh sehat. Anak beralergi susu misalnya, bisa menggunakan Susu SGM Soya sebagai ganti susu formula dari sapi.
  • Berikan petunjuk pada anak tentang apa makanan yang aman baginya dan mana yang tidak. Ajari agar dia bisa membedakan.
  • Ajarkan juga pada anak bagaimana menerima atau menolak makanan, tergantung dari apakah makanan tersebut aman baginya atau tidak.
  • Anda juga harus memberikan petunjuk pada anak untuk selalu menghubungi orang dewasa yang bisa dipercaya jika alergi mereka kambuh dan Anda tak ada di dekatnya.
  • Mintalah tolong pada teman dan guru-guru di sekolah tentang pengertian mengenai alergi anak Anda tersebut, dan minta mereka membantu serta mendukung.

Masalah alergi anak memang berat, dan kadang efeknya tak hanya terlihat pada kesehatan saja, tapi juga psikologis. Namun jangan sampai hal ini membuat Anda dan anak Anda putus asa, karena tetap ada cara untuk bisa hidup normal dengan mengenal alergi tersebut. Semakin anak dewasa, akan semakin mudah pula untuk menjaga diri.

Masalah Alergi Anak Bisa Menganggu Pergaulan, Ini Cara Memberikannya Lingkungan yang Normal | Sahroedien | 4.5