Jelajah Liburan di Kebun Binatang Ragunan

Jelajah Liburan di Kebun Binatang Ragunan

Untuk membantu tumbuh kembang anak, orang tua pasti ingin memberikan fasilitas terbaik. Termasuk juga dalam hal pendidikannya. Memasuki masa liburan atau weekend, orang tua juga ingin memberikan kesan liburan yang mengena di hati anak tapi juga bermanfaat untuk bekal pendidikannya. Apakah Anda juga merasakan kebutuhan tersebut? Jika iya, cobalah untuk mengajak anak Anda berlibur ke Kebun Binatang. Salah satu yang paling terkenal tentunya Kebun Binatang Ragunan.

Liburan Seru Penuh Pengetahuan di Kebun Binatang Ragunan

Kebun binatang ini terletak di Jakarta Selatan. Warga ibukota tidak perlu bersusah payah mencari tempat wisata edukasi karena pada dasarnya ada kebun binatang super lengkap yang dapat ditemui di Jalan Harsono No.1, Ragunan, Pasar Minggu Jakarta Selatan. Berikut adalah beberapa fakta dan informasi menarik terkait kebun binatang ini.

  1. Kebun Binatang Pertama di Indonesia

Tak hanya menarik untuk dikunjungi, Kebun Binatang Ragunan juga menyimpan nilai sejarah karena merupakan kebun binatang pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1864 dengan nama asli Planten En Dierentuin, sebuah nama yang dalam Bahasa Belanda berarti tanaman dan kebun binatang.

  1. Harga Tiket Masuknya Murah

Tidak usah takut untuk menghabiskan banyak biaya jika ingin menghabiskan waktu untuk menjelajah Kebun Binatang Ragunan. Hal ini disebabkan tiket masuknya sangat murah yakni Rp 4.000,00 untuk satu orang dewasa dan Rp 3.000,00 untuk satu orang anak-anak. Untuk tiket parkir kendaraan dihitungnya per hari, dimana satu buah kendaraan seperti bus dikenai tarif Rp 15.000,00/hari, untuk bus yang lebih kecil dikenai Rp 12.000,00/hari, mobil pribadi Rp 6.000,00/hari, sepeda motor Rp 3.000,00/hari dan sepeda hanya Rp 1.000,00/hari.

  1. Area Wahana Bermain dengan Binatang

Selain melihat aneka koleksi flora dan fauna yang sangat lengkap, pengunjung juga dimanjakan dengan beberapa fasilitas lain Kebun Binatang Ragunan seperti naik onta dan sebagainya yang dapat membuat Anda dan keluarga bisa lebih dekat dengan satwa tanpa perlu merasa takut. Harga yang ditawarkan juga tidak mahal. Misalnya, naik kuda perlu membayar Rp 5.000,00 untuk sekali keliling, kemudian naik unta Rp 7.500,00; dan naik gajah Rp 7.500,00.

  1. Pusat Primata Schmutzer

Tidak hanya memiliki koleksi binatang yang lengkap, Kebun Binatang Ragunan juga memposisikan diri sebagai pusat konservasi primata asli Indonesia maupun luar negeri dengan fasilitas yang berkelas Internasional. Di tempat ini Anda juga disuguhkan beragam informasi terkait dengan dunia primata. Beberapa contoh primata yang ada disini adalah orangutan, gorilla dan simpanse. Harga tiket masuk untuk spesial ke lokasi ini adalah Rp 6.000,00 untuk hari Selasa-Jumat dan Rp 7.500,00 untuk akhir pekan dan hari libur nasional.

  1. Taman Satwa Anak, Rekreasi dan Refleksi

Selain pusat primata, Kebun Binatang Ragunan ini juga memiliki tiga spot tambahan lain yang dapat dikunjungi secara gratis. Misalnya taman Refleksi. Di Taman Refleksi ini Anda dapat melakukan relaksasi, bersantai maupun berolahraga. Sementara di taman rekreasi, Anda dapat menyewa onta, kuda, maupun gajah untuk diajak berkeling. Adapun taman satwa anak menyediakan aneka satwa yang menjadi favorit anak seperti ikan raksasa dan burung kakak tua.

Demikianlah beberapa informasi menarik terkait dengan Kebun Binatang Ragunan. Mudah-mudahan dapat membuka wawasan dan sekaligus menggugah minat Anda untuk mengunjungi kebun binatang satu ini. Nah jika Anda ingin merencanakan liburan dengan keluarga namun mengalami kendala karena tidak ada alat transportasi pendukung, cobalah untuk mengecek https://docar.co.id/sewa-mobil-jakarta. Di website tersebut tersedia aneka mobil yang dapat Anda sewa tergantung pada kebutuhan. Tidak perlu khawatir karena secara umum budgetnya aman di kantong Anda. Harga sewa mobil di Docar sangat murah serta menjangkau kota lain seperti Balikpapan dan Madiun. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Kebun Binatang Ragunan juga menyimpan nilai sejarah karena merupakan kebun binatang pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1864 dengan nama asli Planten En Dierentuin.